KEMAH – Kisah Shahabat Khabab bin Aratt At-Tamimiy

Kisah Shahabat Nabi

Khabbab bib Aratt adalah seorang anak laki-laki dari Najed. Hidupnya berubah drastis ketika sebuah kabilah Arab menyerang kampungnya. Merampas ternak, menawan kaum wanita dan anak-anaknya. Salah satu anak tersebut adalah Khobbab. Dari peristiwa ini, hidupnya berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain, sebagai budak. Kemudian, pada suatu ketika, Allah ta’ala mentakdirkan beliau sampai di pasar budak kota Makkah.

Episode kehidupan Khabbab selanjutnya berjalan baik, karena kemampuannya dalam membuat pedang dan alat-alat perang memuaskan majikannya. Namun ini tidak berjalan lama. Karena begitu beliau memeluk islam dengan terang-terangan, dunianya berbalik. Majikannya yang selama ini baik, sekarang menjadi keluarga yang sadis dan buas, Siksaan demi siksaan Ia terima karena meninggalkan kepercayaan nenek moyang.

Namun, tentu saja, cahaya Islam yang telah ia dapatkan tidak begitu saja dilepaskan begitu saja. Ini adalah KEMAH. Kisah Penuh Hikmah dari Khabbab bin Aratt At-Tamimiy. Lembaran kesabaran sang budak pencari surga.

Ini bukanlah sekedar kisah biasa. Bukan cerita mengharu-biru yang biasa Anda lihat di televisi, bukan juga fiksi heroik yang tercetak di lembaran komik. Ini adalah sejarah para pendahulu kita. Orang-orang biasa yang luar biasa, yang menjadikan berbagai ujian, halangan dan rintangan sebagai anak tangga untuk semakin mendekat kepada derajat taqwa. Orang-orang yang dengan sekuat tenaga menjadikan agama ini sebagai jalan hidup mereka. Sebuah nilai yang telah luntur di zaman ini.

Ini adalah KEMAH. Kisah Penuh Hikmah. Kisah tentang perjuangan, pengorbanan dan kesabaran para shahabat Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa salam. Semoga Allah ta’ala menjadikan kita sebagai individu yang bisa mengambil pelajaran dari kisah-kisah mereka.

Ikuti KEMAH – Kisah Penuh Hikmah, hanya di 88.2 FM Radio An-Nashihah, Sakinah dengan Sunnah. Selama bulan Ramadhan 1438 H, pukul 10.30 WITA.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*